Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang- ..AKU dekat, berdoalah kepadaKU, niscaya AKU kabulkan..(2:186)
Comming Events
Short Messages
 SisterSchool
Kerjasama dengan SMA Chiba

Lewat TWINCLE, KepSek Jajaki Kerjasama dengan SMA di Chiba, Jepang 

Twincle adalah suatu program kerjasama yang diselenggarakan oleh Faculty of Education, Chiba University, Jepang. Program ini ditujukan untuk membangun kerjasama dan saling pengertian antara Jepang dan negara-negara Asean, khususnya di bidang pendidikan, melalui Universitas Chiba dan Universitas-universita di Asean. Untuk Indonesia, selain IPB Bogor, universitas yang terlibat adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Udayana. Negara Asean lainnya yang terlibat adalah Thailand, Singapura, Vietnam, dan Kampuchea. 

Kepsek bersama Direktur ICO IPB (Kerjasama dan Program Internasional)

Keterlibatan Labschool SMA Kornita IPB adalah untuk yang ketiga kalinya sejak 2013. Keikut-sertaan Kornita dalam program ini karena  sejak 4 tahun terakhir Kornita berada di bawah pembinaan FMIPA IPB. Setiap tahunnya, selama dua hari sekitar 6 mahasiswa pasca dari Universitas Chiba, didampingi oleh profesornya, mengajar di Kornita. Selain mengajarkan tentang IPA, mereka juga mengenalkan kebudayaan Jepang kepada siswa-siswi Kornita. Sebelum pulang, mereka mendapat suguhan musik tradisional tanah Sunda, yaitu calung dan degung. Mereka juga mendapat pelajaran bagaimana memainkan alat musik calung dan degung.

Tahun ini, topik kegiatan TWINCLE di Kornita adalah belajar tentang cara membuat polimer baru (mapel Kimia) dan bagaimana penataan lingkunganyang baik (Arsitektur Lanskap). Topik pertama disampaikan para mahasiswa S2 Univ. Chiba dengan cara yang sangat aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menarik kepada siswa kelas 11 IPA. Sedangkan siswa kelas 11 IPS mendapatkan topik Arsitektur Lanskap. Para mahasiswa tersebut adalah calon guru. Mereka mengajak para siswa berfikir tentang penataan lingkungan di Bogor agar tertata lebih baik. Tentu saja mereka menyampaikan materinya dalam bahasa Inggris. Sungguh ini suatu pengalaman yang sangat berharga bagi para siswa dalam berinteraksi dengan orang asing. Mereka tidak saja medapatkan ilmu baru, tetapi juga dapat berlatih bahasa Inggris dan Jepang sekaligus.

  

Tiga mahasiswa pasca Chiba Univ. diantara siswa/i Kornita setelah mengajar tentang Arsitektur Lanskap, Februari 2015  

Setelah kunjungan mereka ke Kornita, program Twincle dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi dan perencanaan dua tahun ke depan. Kegiatan ini dilakukan  di Univ. Chiba. Bersamaan dengan evaluasi tersebut, diselenggarakan pula konferensi yang melibatkan berbagai fihak. Tuan rumahnya tentu saja Fakultas Pendidikan, Univ Chiba. Mereka mengundang perwakilan dari seluruh Universitas partner dan SMA-SMA partner dari universitas tersebut. Dari Bogor, diundang SMA Kornita IPB dan SMAN 1 Bogor. Mereka juga mengundang SMA-SMA yang ada di sekitar Univ. Chiba. 

Dalam konferensi tersebut para mahasiswa Univ. Chiba mempresentasikan hasil kegiatan mereka ketika melakukan microteaching di SMA. Mereka mempresentasikannya dalam bentuk poster yang didahului dengan one-minute oral presentation. Dalam konferensi tersebut diundang pula para siswa SMA di sekitar Univ. Chiba. Mereka mempresentasikan hasil-hasil penelitian mereka.  Sebagian mereka berasal dari SMA Supersains (Super Science Highschool/SSH).  Apa itu SSH? Ikuti tulisan berikutnya.

  

Sesi poster siswa/i SMA di kota Chiba dalam acara konferensi 

Kesempatan bertemu dengan guru dan kepala sekolah dari SMA-SMA di Chiba tentu saja tidak kami sia-siakan. Kami coba menjalin kerjasama baru dengan SMA-SMA tersebut. Harapannya tentu saja agar Kornita dapat meningkatkan atmosfir internasionalnya dengan kedatangan mereka untuk belajar di Kornita. Semoga Allah memudahkan dalam mewujudkan kerjasama tersebut sehingga lebih banyak lagi kesempatan guru dan siswa Kornita untuk menimba pengalaman di negeri matahari terbit, Dengan jasa baik manajemen program Twincle, kami yang didampingi oleh Ketua Program Master IPB (Prof. Dr. Nahrowi )dan Directur Kerjasama Internasional IPB (Dr. Edy Harsulistyo) sempat berdiskusi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Chiba. Kami menjajaki kemungkinan kerjasama tersebut. Semoga Allah mewujudkan rencana baik yang baik ini. K01

 

KepSek (ketiga dari kanan) bersama Direktur ICO-IPB ujung kanan) dan Ketua Program Master SPS-IPB (ujung kiri) dengan mahasiswa pasca Chiba Univ. disela-sela acara farewell party di Chiba Univ, 21 Maret 2015 

 

Posted by admin | Date 2015-03-22
<< Kembali