Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang- ..AKU dekat, berdoalah kepadaKU, niscaya AKU kabulkan..(2:186)
Comming Events
Short Messages
 SisterSchool
11 Siswa Kornita akan ke Jepang

Ryugaku dan ESD Symposium di Jepang 

Hari ini, Sabtu 17 Mei 2014, di R. Multimedia sekolah telah diadakan pertemuan pertama dengan siswa/i yang akan mengikuti program Ryugaku. Bersama mereka juga hadir para orang tua. Dari pihak sekolah hadir Dina sensei dan Kepsek. Selain itu juga hadir tiga siswi LabSchool KORNITA IPB (Aina, Fatimah, Yaya) yang pernah mengikuti program ini pada tahun 2013 lalu.

Ryugaku adalah program pertukaran pelajar. Dari KORNITA Insya Allah sudah 9 siswa/i ingin mengikuti program ini. Mereka berasal dari kelas X (delapan orang) dan kelas XI (satu orang). Mereka rencananya akan belajar di SMA SAKADO Jepang selama sebulan seperti yang dilakukan oleh tiga kakak kelas mereka tersebut di atas. Dari SMA SAKADO juga akan datang satu siswa untuk belajar selama setahun di Kornita.

Berbeda dengan Ryugaku dari Sakado yang mendapat pendanaan dari pemerintahnya, untuk siswa KORNITA disepakati bahwa untuk sementara biaya akan ditanggung bersama oleh orang tua. Namun demikian Alhamdulillah, untuk program ini ada subsidi dari SMA SAKADO. Selain itu, disepakati juga bahwa kita semua akan mencari sponsorship untuk membantu pendanaan program tahunan ini. Semua akan bergerak untuk menyebarkan proposal kegiatan ini. Insya Allah akan  ada dana tambahan untuk kegiatan mereka dari pihak-pihak yang perhatian dengan program pengembangan SDM ini.

Selama sebulan mereka boleh memilih mata pelajaran apapun yang mereka suka. Tentu saja dengan bahasa pengantar bahasa Jepang. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi mereka untuk mengenal lebih dekat dan mempelajari budaya dan bahasa Jepang.  Sebelum berangkat mereka akan mendapat bimbingan bahasa Jepang lebih intensif oleh kakak kelas mereka yang bahasa Jepangnya sudah jauh lebih baik. Terutama bahasa Jepang sehari-hari. Tentu saja Dina sensei sebagai guru bahasa Jepangnya akan terjun pula. Dan tidak lupa, siswa Ryugaku dari SAKADO (Nozomi) juga akan dimanfaatkan. Mereka juga akan disiapkan agar dapat menampilkan budaya Indonesia.

Insya Allah mereka akan berangkat pertengahan October 2014 dan kembali ke Bogor sekitar pertengahan November. Mereka akan kembali dengan rombongan kedua dari KORNITA yang diundang secara khusus untuk menghadiri Education for Sustainable Development (ESD) Symposium di Universitas Tsukuba. Mereka yang akan berangkat ke symposium adalah dua orang siswa dan satu guru pendamping. Mereka akan presentasi hasil penelitian mereka di Univ. Tsukuba dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah, untuk mereka semuanya gratis, ditanggung oleh Univ. Tsukuba/SMA SAKADO.

 

Semoga Allah swt memudahkan segala urusan mereka semua. Amin. Ganbatte.

Posted by admin | Date 2014-05-17
<< Kembali