Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang- ..AKU dekat, berdoalah kepadaKU, niscaya AKU kabulkan..(2:186)
Comming Events
Short Messages
 SisterSchool
WORKSHOP KIKIGAKI 2

KIKIGAKI 2, LEBIH BANYAK INSTITUSI YANG TERLIBAT 

Setelah sukses dengan Program KIKIGAKI I tahun 2012, Labschool SMA KORNITA IPB, menyelenggarakan KIKIGAKI Part II. Saat KIKIGAKI angkatan I anggotanya berjumlah 34 siswa. Lalu 6 siswa terpilih mewakili sekolah untuk mempresentasikan hasilnya di forum KIKIGAKI di Jepang. Untuk Angkatan II, sekolah mengadakan proses seleksi dan perekrutan anggota baru pada bulan Januari 2014.

 Pengumuman seleksi dilakukan pada bulan Desember 2013 yang ditujukan bagi kelas X dan XI. Mereka diminta membuat Essay tentang Generasi Muda dan Lingkungan dengan batas waktu pengumpulan tanggal 5 Januari 2014. Keesokan harinya, 30 siswa yang mengirimkan Essay. Mereka diseleksi berdasarkan tulisan dan wawancara. Lima orang guru yang mewancarai mereka kemudian ditunjuk sebagai guru pendamping. Sehari kemudian hasil seleksi diumumkan dan ditetapkan 20 siswa sebagai peserta yang selanjutnya bersama-sama menentukan meijin yang akan dijadikan narasumber. Akhirnya pada tanggal 8/1/14 berhasil ditentukan 5 meijin.

Workshop KIKIGAKI II diselenggarakan pada tanggal 10-12 Januari 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh LSM Kyozon no Mori Jepang (Ibu Yoshino), LSM i-i net (Ibu Motoko Shimagami), pakar komunikasi FEMA IPB (Dr. Suryo Adi Wibowo) beserta beberapa mahasiswanya. 2 Guru dan 2 siswa yang mewakili SMAN 5 Palu dan SMA Banawa Palu Sulawesi Tengah, 10 siswa KIKIGAKI angkatan I, 20 siswa KIKIGAKI angkatan II, 5 orang guru SMA KORNITA sebagai guru pendamping, 5 meijin (narasumber) yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pihak sekolah serta LSM RMI (Rimbawan Muda Indonesia) Bogor sebagai pendamping kegiatan KIKIGAKI di Labschool SMA KORNITA IPB.

Selain itu, Labschool SMA KORNITA IPB juga mengundang beberapa sekolah SMA dan SMP yang berada di sekitar lingkungan sekolah, dengan tujuan mengenalkan beberapa program yang sudah dilaksanakan di sekolah yang bekerjasama dengan lembaga asing. Dari 33 sekolah yang diundang 2 SMA dan 11 SMP memenuhinya.

Workshop diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah Labschool SMA KORNITA dan penyampaian tujuan diselenggarakannya KIKIGAKI II. Dr. Suryo Adi Wibowo, memberikan catatan dan apresiasi kegiatan ini. Setelah itu, peserta Workshop menyaksikan film tentang kegiatan KIKIGAKI di SMA SAKADO Jepang, di SMA KORNITA dan di SMA PALU.

 

Sesi berikutnya adalah pengarahan dari ibu Yoshino mengenai langkah-langkah proses KIKIGAKI, pembagian kelompok dan penentuan meijin serta teknik wawancara kepada meijin. Mereka kemudian langsung memparaktekannya dengan mewancarai meijin.

Hari kedua dan ketiga, peserta workshop melakukan transkripsi hasil wawancara dan menuliskan kata-kata dari hasil rekaman kedalam sebuah tulisan dengan lengkap dan jelas tanpa menghilangkan sepatah katapun dari meijin. Di akhir Workshop (hari ketiga). Transkripsi dari masing-masing kelompok dipresentasikan untuk dibahas bersama-sama. Selanjutkan semua hasilnya akan dituliskan yang akan dikumpulkan untuk kemudian dibuat sebagai buku.

Rencana KIKIGAKI berikutnya adalah melakukan kunjungan kepada Meijin (yang akan dilakukan pada bulan Mei 2014); menyeleksi 1 dari 20 anggota KIKIGAKI II mendapatkan kesempatan ke Jepang ( 1 siswa) pada awal tahun 2015. Terakhir akan dilakukan perekrutan anggota kikigaki III yang proses seleksinya akan dilakukan pada bulan November 2015. (Irma Silvianti)

   

Posted by admin | Date 2014-02-12
<< Kembali